Surat Keterangan Pendamping Ijazah

Surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) merupakan program unggulan yang dimiliki oleh Universitas Pahlawan dalam mewujudkan visi yang berorientasi pada Kualitas dan Kewirausahaan. Pusat Pelatihan, Kewirausahaan dan Bisnis sebagai fasilitator dalam pelaksanaan Surat Kerangan Pendamping Ijazah dalam bidang kewirausahaan. Program ini memberikan skill tambahan yang berkaitan dengan jurusan maupun prodi yang dipilih dibidang kewirausahaan. Pada program ini, Pusat Pelatihan, Kewirausahaan dan Bisnis bekerja sama dengan setiap prodi yang berada dibawah naungan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai untuk menghasilkan mahasiswa dan mahasiswi yang berkompeten dan berkualitas atau professional di bidangnya masing-masing dan memiliki karakteristik sebagai seorang entrepreneur. 

Menyediakan berbagai macam bentuk pelatihan yang bersifat pengembangan diri bagi mahasiswa dan mahasiswi dilingkungan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Kegiatan tersebut mengikutsertakan semua prodi yang berada di lingkungan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai seperti :


  1. Fakultas Pendidikan

PPKB menyelenggarakan kegiatan pelatihan demi meningkatkan kualitas dan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa/si pada fakultas ilmu pendidikan Universitas Pahlawan. Tujuan program ini untuk mempersiapkan tenaga pengajar / guru – guru yang mampu bersaing ditingkat nasional dan internasiaonl dengan upaya untuk memiliki kemampuan beradapatasi terhadap perubahan era yaitu era teknologi.

  • Pelatihan Pembuatan Media Belajar Berbasis Multimedia
  • Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Berbasis Augmented.
  • RealityPelatihan Asesmen Kompetensi Minimal.

2. Fakultas Ilmu Kesehatan

PPKB menyelenggarakan kegiatan pelatihan demi meningkatkan kualitas dan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa/si pada fakultas ilmu kesehatan Universitas Pahlawan. Tujuan program ini untuk mempersiapkan tenaga kerja dibidang Kesehatan yang mampu bersaing ditingkat nasional dan memiliki kemampuan untuk beradapatasi kepada perubahan era yaitu era teknologi. Beberapa program pelatihan yang ditawarkan ialah seperti:

  • Seminar Kewirausahaan Pangan Dan Gizi
  • Program Nutrition Care Process (NCP)


3. Fakultas Hukum

PPKB menyelenggarakan kegiatan pelatihan demi meningkatkan kualitas dan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa/si pada Fakultas Hukum Universitas Pahlawan. Tujuan program ini untuk mempersiapkan tenaga kerja dibidang ilmu hukum yang mampu bersaing ditingkat nasional dan memiliki kemampuan untuk beradapatasi kepada perubahan era yaitu era teknologi.

Beberapa program pelatihan yang ditawarkan ialah seperti:

  • Pelatihan Kenotariatan.
  • Pelatihan Legal Audit dan Legal Opinion Draftting.

4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

PPKB menyelenggarakan kegiatan pelatihan demi meningkatkan kualitas dan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa/si pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tujuan program ini untuk mempersiapkan tenaga kerja dibidang ekonomi dan bisnsi yang mampu bersaing ditingkat nasional dan memiliki kemampuan untuk beradapatasi kepada perubahan era yaitu era teknologi.

Beberapa program pelatihan yang ditawarkan ialah seperti:

  • Seminar Investasi.
  • Seminar Kewirausahaan Pengembangan Bisnis.
  • Seminar Business Plan